Update Terbaru

Hutan Hujan Ini Berumur 120 Juta Tahun


Hutan Amazon di Amerika Selatan sering disebut sebagai hutan hujan tertua di dunia. Nyatanya, ada hutan yang jauh lebih tua dari Amazon dan bukan di benua Amerika. Inilah Daintree, hutan hujan berumur 120 juta tahun.

Amazon menjadi hutan hujan terbesar sekaligus memiliki flora terkaya di dunia. Namun kebesaran dan padatnya tumbuhan di sana tak menjadikannya sebagai yang tertua. Hutan Amazon memiliki umur 20 juta tahun sedangkan hutan Hujan Daintree di Australia sudah berumur 120 juta tahun dari berita Australia.

Hutan Hujan Daintree berada di timur laut Queensland dan memiliki luas sekitar 2.600 km persegi. Dengan luasnya tersebut, hutan ini didaulat sebagai hutan terbesar di Australia. Hutan ini terbagi menjadi beberapa bagian. Sebagian milik pemerintah dan dijadikan taman nasional, beberapa bagian lainnya milik pribadi. Setidaknya ada 500 rumah atau vila yang dibangun di kawasan hutan ini.

Tahun 1998, Hutan Hujan Daintree masuk menjadi Situs Warisan Dunia dari UNESCO. Ini karena keunikan flora dan fauna yang ada di dalam hutan tersebut. Sebagai salah satu hutan tertua di dunia, Daintree memiliki beragam tumbuhan kuno yang menjadi kelompok tumbuhan pertama di bumi. Ada Psolotopsida dan Lycopsida yang menjadi salah satu tumbuhan pertama yang hadir di bumi.

Masih banyak lagi tumbuhan kuno yang bisa ditemui di sini. Mulai dari jamur, bunga, pakis dan lain-lain yang mungkin tak bisa ditemui di hutan yang umurnya lebih muda dari Daintree. Hutan ini jadi surganya para traveler pecinta tumbuhan. 

Selain yang menjadi salah satu yang paling tua, hutan ini juga memiliki keunikan lain. Hutan ini berada di tepi laut sehingga pinggiran hutannya bukanlah tanah melainkan pasir. Tak sembarang pasir, tepian hutan ini memiliki pasir putih yang menjadikannya sebagai salah satu hutan dengan fenomena alam terunik di dunia. Meski di tepian laut, hutan ini juga memiliki beberapa ngarai cantik yang dilengkapi dengan sungai jernih.


sumber : detik.com

0 Response to "Hutan Hujan Ini Berumur 120 Juta Tahun"

Post a Comment