Update Terbaru

Lapisan Langit yang 7

Mungkin kalau kita masih ingat disekolah dulu diajarkan tentang lapisan atmosfir bumi. ya.. atmosfir bumi ini terdiri dari beberapa macam lapisan dan setiap lapisan memilki fungsinya masing-masing. lapisan tersebut antara lain : 


1. Troposfir

lapisan yang paling bawah,mempunyai ketinggian 16-18 km di wilayah tropis,suhunya berkisar 57 derajat di bawah nol celcius ,di lapisan inilah letak terjadinya mendung, hujan, atau perubahan cuaca lainnya yang sangat penting bagi kehidupan makhluk hidup dibawahnya. 

2. Stratosfir

Terletak di ketinggian 50 km dengan suhu 0 derajat celcius nah disini terdapat lapisan ozone,yg berfungsi melindungi kita dari sinar ultraviolet 

3. Mesosfir

Letaknya di 80 km,suhunya menurun menjadi 73 derajat di bawah nol celcius . 

4. Termosfir

suhunya mencapai 1232 derajat celcius,kini suhunya kembali naik,sesuai dengan ketinggiannya yaitu 480 km,

5. Ionosfir

Disinilah atmosfir yg berfungsi sebagai kelangsungan komunikasi di bumi,sebab ionosfir memantulkan 
kembali gelombang radio ke bumi 

6. Exosfir 
Letaknya di atas 500 km,dan menyatu dengan gas-gas antariksa
7. Magnetosfir

Letaknya di 3000-30.000 km,tepatnya di zona radiasi mengandung partikel-partikel energi tinggi,inilah zona yg disebut dengan sabuk radiasi van allen,mengapa namanya Magnetofsir ,karena ion-ion dan partikel partikel atomo,di zona ini nyaris sepenuhnya di kendalikan oleh lapangan magnetik bumi Jadi Total ada 7 lapisan atmosfir bumi.


TAHUKAH ANDA... ?
Bahwa lapisan atmosfer bumi telah dinyatakan dalam Al-quran pada 1400 th yang lalu bahwa Langit (Lapisan Atmosfer) itu terdiri atas 7 lapis yang telah dinyatakan dalam Al-Qur’an Surat Al-Baqarah/2 ayat 29 :

”DIA-LAH ALLAH, YANG MENJADIKAN SEGALA YANG ADA DI BUMI UNTUK KAMU DAN DIA BERKEHENDAK (MENCIPTAKAN) LANGIT, LALU DIJADIKAN-NYA TUJUH LANGIT. DAN DIA MAHA MENGETAHUI SEGALA SESUATU.” (QS Al-Baqarah/2:29)

Ayat lain yang menyatakan bahwa Langit itu terdiri dari 7 lapis adalah dalam Al-Qur’an Surat Fushshilat/41 ayat 12:

” MAKA DIA MENJADIKANNYA TUJUH LANGIT DALAM DUA MASA. DIA MEWAHYUKAN PADA TIAP-TIAP LANGIT URUSANNYA. DAN KAMI HIASI LANGIT YANG DEKAT DENGAN BINTANG-BINTANG YANG CEMERLANG DAN KAMI MEMELIHARANYA DENGAN SEBAIK-BAIKNYA. DEMIKIANLAH KETENTUAN YANG MAHA PERKASA LAGI MAHA MENGETAHUI.” (QS Fushshilat/41:12)

Memang banyak teori tentang lapisan atmosfer yang menyebutkan terdiri dari  5 lapisan atau 6 lapisan. tetapiberdasarkan penjelasan diatas lapisan atmosfer terdiri dari 7 bagian.  teori mana yang anda anggap benar itu terserahanda. dan apakah anda percaya akan hal ini, itu kita kembalikan pada pribadi masing-masing. tetapi yang jelas sayaberharap semoga artikel diatas bisa menjadikan Spirit/semangat baru untuk lebih mendalami  Al-quran dan bisa menambah keyakinan kita akan kebenaran Al-Quran .

referensi: endanesia.com

0 Response to "Lapisan Langit yang 7"

Post a Comment