Update Terbaru

Hardware Komputer




Kali ini kita akan membahas tentang perangkat keras atau biasa disebut dengan hardware. So… mari kita mulai,,,, !!!! Hahaha :D

Perangkat Keras Komputer terbagi menjadi 4 bagian dan 1 tambahan yaitu

1.) Processing Device

2.) Input Device

3.) Output Device

4.) Storage Device


5.) Perangkat tambahan



Komputer terbagi menjadi  :

1. Processing device

-          CPU ( Prosesor)

Prosesor merupakan otak dari komputer yang berfungsi memproses seluruh data yang masuk menjadi sebuah informasi, menjalankan dan melaksanakan instruksi serta mengkordinasi semua perangkat yang berhubungan dengan komputer.

Contoh : Intel Core i7 Dual Booster 3,9 GHz

-          RAM/Memori

RAM (Random Acces Memory) merupakan ruang tempat menyimpan data sementara yang dapat dibaca dan ditulis sementara oleh prosesor.

-          ROM

ROM (Read Only Memory) merupakan ruang tempat penyimpanan data dan hanya bisa dibaca oleh prosesor dan tidak dapat dihapus.

-          Motherboard

Motherboard merupakan papan utama dalam unit sistem yang berfungsi untuk memasang komponen – komponen dalam komputer.

 2. Input device

-          Mouse

Mouse merupakan alat yang digunakan untuk menggerakan kursor pada sebuah perangkat komputer.

-          Keyboard

Keyboard adalah sebuah perangkat keras komputer yang terdiri dari berbagai tombol huruf dan angka dan berfungsi untuk mengetik.

-          Kamera Digital

Kamera merupakan suatu perangkat yang berfungsi untuk megambil sebuah gambar dan mentransfernya ke dalam komputer.

-          Scanner

Scanner merupakan alat yang berfungsi untuk menyalin sebuah gambar dari kertas dan cara kerjanya mirip sepert mesin fotokopi namun dapat ditampilkan dalam komputer terlebih dahulu.

-          Touchpad

Touchpad merupakan alat yang fungsi kerjanya sama seperti mouse namun bentuknya hanya datar, dan biasanya digunakan pada notebook.

-          Microphone

Microphone merupakan alat yang berfungsi untuk memasukan data berupa suara kedalam sebuah komputer.

-          Joystick

Joystick adalah alat yang digunakan untuk memasukan data penggerak namun alat ini mempunyai banyak tombol dan biasanya digunakan untuk bermain games

-          Trackball

Trackball merupakan alat masukan data seperti mouse namun bentuknya bola dan cara menggunakanya dengan cara diputar – putar.

3. Output device

-          Monitor

Monitor merupakan alat yang digunakan untuk menampilkan segala sesuatu yang sedang dikerjakan kita dalam sebuah komputer. Tampilan dari sebuah monitor dapat berupa grafik, angka, huruf, dan karakter.

-          Speaker

Speaker merupakan alat yang digunakan untuk mengeluarkan data berupa suara yang sedang dijalankan dalam sebuah komputer yang kita jalankan.

-          Printer

Printer merupakan alat yang digunakan untuk mencetak sebuah data dapat berupa gambar maupun tulisan ke dalam selembar kertas.

 4. Storage device

-          Harddisk

Harddisk merupakan tempat untuk menyimpan data dalam sebuah komputer dalam jumlah yang relatif besar. Dalam penyimpanan harddisk ini data didalamnya dapat ditambahkan maupun dihapus dengan leluasa.

-          Compact disk

CD merupakan alat penyimpanan data yang berbentuk kepingan

Ada beberapa macam CD antara lain  : CD-R, CD-ROM, CD-RW

-          DVD

DVD merupakan alat penyimpanan data yang berbentuk kepingan seperti CD namun dapat menyimpan lebih banyak data serta kualitasnya lebih baik dari CD.

-          Floopy disk

Floopy disk merupakan alat penyimpan data yang berbentuk disket

-          Flash Disk

Flash disk merupakan alat penyimpanan data yang juga dalam jumlah besar seperti harddisk yaitu data didalamnya dapat ditambahkan maupun dihapus. Flash disk ini dapat digunakan untuk memindahkan data dari satu komputer ke komputer lain karena mudah untuk dipindahkan. Biasanya flash disk digunakan pada port USB ( Univesal Serial Bus)

5. Hardware Tambahan

-          Modem (Modulator de Modulator)

Modem merupakan alat yang berfungsi untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog maupun sebaliknya. Modem biasanya digunakan untuk mengakses internet, email, dan faksimil.

-          Kabel data

Kabel data digunakan untuk menghubungkan jalur data dari sebuah perangkat ke dalam sebuah komputer.

-          Casing

Casing merupakan perangkat komputer yang digunakan sebagai wadah untuk meletakan perangkat komputer lain dan sekaligus melindungi perangkat tersebut dari kotoran.

0 Response to "Hardware Komputer"

Post a Comment